Silabus IPA Kls VI SDN Pasirklaiki 2

SILABUS  IPA YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI PBKB

SILABUS1 SEMESTER 1

Standar Kompetensi     : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Pengalaman Belajar

Indikator

KKM

Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Tanggal

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

 

Ciri-ciri khusus makhluk hidup

  1. Ciri ciri khusus beberapa jenis hewan

 

  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari ciri khusus :

–   Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)

–   Kaki lengket pada cecak dan tokek.

–   Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut

–   Punuk pada unta.

–   Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.

–   Semburan air ikan pemanah.

–   Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral).

 

  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
  • Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

 

Tugas Individu

Laporan

Portopolio

 

4 jp

Senang Belajar IPA SD Kelas 6 S.RositawatyDEPDIKNAS  Th.2008

Detik UASBN, 2009, Intan

Sumiharso H.S, 2004,Sains 6

Hadiat dkk, 1997, diknas

S. Rositawati, 2009,Senang Belajar IPA,BSE

Dwi Suhartanti, 2008,  IPA 6,BSE

Yohanes Surya, 2006, IPA Dibuat Asyik

Nining Arini, 2004, Sain Modern

Alat:

–  Buku atau majalah

–  KIT IPA

–  Alat Pragapendukung lainnya

1.2   Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya

Ciri-ciri khusus makhluk hidup

  1. Ciri ciri khusus beberapa tumbuhan
  • Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
  • Mempelajari rongga udara pada teratai
  • Mempelajari kantung semar dan venus si pemakan serangga.
  • Mempelajari bau busuk bunga rafflesia
  • Mempelajari batang penyimpan air pada kaktus.
  • Memberi contoh tumbuhan yang mempunyai ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya teratai.
  • Mendeskripsikan ciri khusus tumbuhan yang ada di sekitarnya.
  • Mengaitkan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut dengan lingkungan hidupnya.

Ulangan harian 1

6 jp

Nilai PBKB

Peduli lingkungan, mandiri, rasa ingin tahu, dan gemar memb

SILABUS 2 SEMESTER 1

Standar Kompetensi     : 2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Pengalaman Belajar

Indikator

KKM

 Jenis Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Tanggal

2.1    Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia Perkembangbiakan makhluk hidup

  1. Perkembangan dan pertumbuhan manusiA
  • Memahami peta konsep tentang perkembangan tubuh manusia
  • bahwa manusia mengalami pertumbuhan dan perkembangan
  • Menjelaskan dengan diskusi tentang perkembangan manusia mulai dari:

–   Satu bulan

–   Delapan bulan

–   Lima tahun

–   Belasan tahun

–   Usia dewasa

–   Lanjut usia

  • Mendiskusikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
  • Menjelaskan perbedaan pertumbuhan manusia tiap pase
  • Mnyebutkan cirri-ciri pertumbuhan tiap fase
  • Tugas Kelompok Laporan dan unjuk kerja 6 jp

 

Senang Belajar IPA SD Kelas 6 S.Rositawaty

DEPDIKNAS  Th.2008

Detik UASBN, 2009, Intan

Sumiharso H.S, 2004,Sains 6

Hadiat dkk, 1997, diknas

S. Rositawati, 2009,Senang Belajar IPA,BSE

Dwi Suhartanti, 2008,  IPA 6,BSE

Yohanes Surya, 2006, IPA Dibuat Asyik

Nining Arini, 2004, Sain Modern

Alat:

–  Tanaman jambu, mangga atau belimbing, tanah, pupuk kandang, pisau, gergaji, tali rafiah, polybag 2.2    Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan

Perkembangbiakan makhluk hidup

  1. Perubahan fisik tubuh manusia pada masa pubertas.
  • Memahami peta konsep tentang perkembangan manusia.
  • Memahami saat remaja (16 – 20 tahun) laki-laki atau perempuan mengalami pertumbuhan yang pesat.
  • Mengetahui pertumbuhan primer  dan sekunder pada laki-laki
  • Mengetahui pertumbuhan primer dan sekunder pada perempuan
  • Mengetahui cara menjaga kesehatan diri dan organ reproduksi.
  • Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki-laki dan perempuan pada masa pubertas dan pengaruhnya.

 

 

  • Menjaga kebersihan organ-organ reproduksi
  • Tugas Individu Uraian Objektif 6jp

 

2.3    Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan

Perkembangbiakan makhluk hidup

  1. Perkembangbiakan hewan.
  2. Perkembangbiakan tumbuhan.
  • Mengerjakan tugas 2.3, 2.4, 2.5, 2.6, 2.7, 2.8
  • Mengetahui cara hewan berkembangbiak

–   Membelah diri dan bertunas

–   Bertelur

–   Melahirkan

–   Bertelur-melahirkan

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan membelah diri dan bertunas

–   Membelah diri : protozoa

–   Bertunas : anemon laut,

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur (ovipar)

–   Merpati, elang, ayam,

–   Ikan, serangga dan amfibi

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan berkembangbiak dengan melahirkan (vivipar)

–   Kucing, Anjing, sapi, kijang

–   Pesut, lumba-lumba, paus

  • Memahami dan menyebutkan cara hewan bertelur – melahirkan (ovovivipar)
  • Menjelaskan  ciri hewan bertelur dan melahirkan
  • Perkembanganbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua

–   Vegetatif

–   Generatif

  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif
  • Menjelaskan dan memberikan contoh perkembangbiakan vegetatif buatan
  • Memahami perkembang biakan dengan stek
  • Memahami cara memelihara perkembangbiakan tumbuhan secara generatif melalui penyerbukan.
  • Menyebutkan bagian-bagian bunga
  • Menjelaskan proses penyebukan dan pembuahan
  • Menyebutkan cara-cara penyerbukan
  • Mengidentifikasi berbagai cara hewan berkembang biak.
  • Membedakan ciri-ciri antara hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan dengan cara melahirkan.
  • Mengidentifikasi berbagai cara tumbuhan berkembang biak.
  • Menyimpulkan bahwa tumbuhan berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif.
  • Mengidentifikasi bagian-bagian bunga dan biji sebagai alat perkembangbiakan tumbuhan.
  • Menjelaskan peran penyerbukan
  • Mempraktekkan cara membiakkan tumbuhan, misalnya stek dan cangkok.

Tugas Individu

Dan kelompok

Uraian Objektif

Tugas

Kegiatan

Tugas Individu

Dan kelompok

Uraian Objektif

Tugas

Kegiatan

 

6 jp

2.4    Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusi

Perkembangbiakan makhluk hidup

  1. Perkembangbiakan manusia.
  • Memahami cara manusia berkembangbiak manusia
  • Menjelaskan proses perkembangbiak manusia

Penyatuan sel telur dan sel sperma → pembuahan → embrio → perkembangan bayi dalam rahim → bayi

  • Mengetahui calon bayi memperoleh makan
  • Mengerjakan uji kompetensi dan latihan soal Hlm.48.
  • Mengidentifikasi berbagai cara manusia berkembang biak.

Tugas Individu

Uraian Objektif

Latihan soal

Ulangan harian 6 jp

-Nilai PBKBRasa ingin tahu, gemar membaca, religius dan mandiri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s