RPP IPA SD KLS VI Tentang Ciri-Ciri Khusus Pada Hewan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas / semester           : 6 / 1

Alokasi waktu                 : 2 x 35 menit ( 1 x pertemuan )

  I. Standar Kompetensi

1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.

 II. Kompetensi Dasar                                                                    

1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupny

III. Indikator

  • Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: bebek, kelelawar dan cicak dengan mengakses dari internet.
  • Mendeskripsikan ciri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar).
  • Menjelaskan fungsi dan kegunaan dari ciri khusus yang dimiliki hewan

IV. Tujuan Pembelajaran

  • Dengan mengamati hewan dan gambar yang ada di lingkungan sekitar siswa dapat meyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki oleh bebek, kelelawar dan cicak.
  • Dengan menggunakan media internet siswa dapat mengatahui lebih jauh tentang fungsi teknologi.
  • Melalui diskusi kelompok siswa dapat menjelaskan fungsi dan kegunaan ciri khusus yang dimiliki oleh hewan seperti kelelawar dan cicak.

Misalnya:

-   Alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)

-   Kaki lengket pada cecak dan tokek.

-   Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut

-   Punuk pada unta.

-   Mata dan pendengaran yang tajam pada burung hantu.

-   Semburan air ikan pemanah.

-   Mempelajari Bentuk sederhana bunga karang (koral

V. Uraian Materi

  • Untuk mengenalinya, setiap tumbuhan dan hewan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan jenis lainnya.
  • Ibu jari pada kelelawar dapat digunakan untuk mendaki di bebatuan dan pohon.
  • Alat indra pada kelelawar selain mata adalah gelombang bunyi.
  • Cecak adalah reptilia yang dapat merayap di dinding karena telapakkakinya mengandung bagian yang berfungsi sebagai alat pelekat. Cecak jugamemiliki lidah yang panjang dan lengket untuk menangkap mangsa.
  • Bebek berenang dengan menggunakan selaput kulit pada sela-sela kakinya. Untuk menangkap makanan berupa cacing, bebek memiliki paruh yang pipih dan lebaor, dapat merayap di dinding dengan kaki yang beralur sejajar, serta lidah yang panjang untuk menangkap mangsanya.
  • Bebek dapat berenang di air karena ciri khusus pada kakinya yang berselaput.
  • Unta dapat hidup di lingkungan yang panas karena ciri khusus yang dimilikinya mulai dari punuk untuk menyimpan sari makanan, bulu mata yang panjang untuk menghalangi debu, kaki dan telapak kaki yang tebal supaya tidak terperosok di pasir serta berjalan di pasir yang sangat panas.

VI. Metode

-       Observasi Lingkungan

-       Diskusi kelompok

-       Penugasan

-       ICT Integreated dari Internet dan vidieo kamera

VII.Langkah-langkah Pembelajaran

 A. Kegiatan Awal

  • Siswa mencari jenis-jenis hewan yang memiliki ciri khusus yang ada di lingkungan sekitarnya seperti: bebek, kucing, kelelawar dan cicak.
  • Siswa mendokumrntasikan cirri khusus yang dimiliki oleh hewan yang diamatinya memalui vidieo kamera seperti: bentuk kaki, paruh ataupun cara melindungi dirinya.

      B. Kegiatan Inti

  • Siswa dan guru mengadakan Tanya jawab Misal : Kalong (kelelawar buah) adalah kelelawar terbesar. Bentang sayapnya bisa mencapai 2 m. Ia juga dinamakan “rubah terbang” karena sosok wajahnya mirip rubah.
  • Secara kelompok siswa berdiskusi tentang ciri-ciri khusus mahluk hidup kepada guru melaui Email atau Facebook
  • Siswa melaporkan hasil kerja kelompok di depan kelas
  • Siswa yang lain memberikan tanggapan
  • Guru membahas hasil pekerjaan siswa dan materi yang sedang dipelajari

C. Kegiatan Akhir

  • Siswa bersama guru menyaimpulkan materi pelajaran
  • Pemberian evaluasi melalui Email atau facebook
  • Sebagai tindak lanjut siswa diberi tugas melalui Facebook atau Email

VIII. Sumber  alat ( media ) Pembelajaran

  1. Sumber  :

Senang Belajar IPA SD Kelas 6 S.Rositawaty

Detik UASBN, 2009, Intan

Sumiharso H.S, 2004,Sains 6

Hadiat dkk, 1997, diknas

S. Rositawati, 2009,Senang Belajar IPA,BSE

Dwi Suhartanti, 2008,  IPA 6,BSE

Yohanes Surya, 2006, IPA Dibuat Asyik

http://bpmkotabandaaceh.wordpress.com/2010/08/18/ciri-khusus-beberapa-hewan-dan-tumbuhan/

http://alamendah.wordpress.com/2010/07/03/sigung-berbulu-indah-berbau-busuk/

2. Media ( alat ) :

-       Gambar hewan, koran Buku atau majalah

-       KIT IPA

-       Alat Praga pendukung lainnya : Internet dan CD

 IX.   Penilaian

1.Teknik test :      – Tertulis

- Peformance ( proses )

- Product

2. Bentuk test :      – PG dan Isian

- Diskusdi mengisi LKS

- Mengggambar hewan dan tumbuhan langka

3. Alat test

a. Tertulis

1. Unta menyimpan cadangan makanan pada bagian ….

2. Kelelawar dapat mengeluarkan bunyi dengan frekuensi … getaran per detik.

3. Cara adaptasi kaktus terhadap lingkungan gurun pasir berupa ….

4. Cicak dapat berjalan di dinding yang tegak lurus karena mempunyai ….

5. Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!

6. Mengapa teratai memiliki batang yang berongga? Jelaskan!

7. Sebutkan ciri-ciri khusus pada unta!

8. Mengapa kelelawar dapat terbang pada malam hari? Jelaskan!

b. test Peformance ( proses )

Buatlah kliping berisi gambar-gambar dan ciri-ciri dari hewan yang hidup

pada kondisi lingkungan yang berbeda-beda. Kumpulkan dan diskusikan

bersama teman-teman di kelasmu.

Format Penilaian

Mata Pelajaran : IPA

Kompetensi Dasar : 1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan  (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

No

Nama Siswa

Aspek yang dinilai

Jumlah Nilai

Rata-rata

Ketepatan Gambar

Ketepatan waktu

Kerapihan

Kebersihan

1.
2.
3.
4.

Keterangan :     A : Amat Baik= 91 – 100

B : Baik                 = 81 – 90

C : Sedang            = 71 – 80

D : Cukup             = 61 – 70

E : Kurang            = 51 – 60

Cimahi,   ……………………………

Guru Kelas

Lukman Nul Hakim,S.Pd

NIP: 19830605 201001 1 011

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s